Kost-kostan sekarang menjadi tidak benar satu bisnis yang menggiurkan. Banyak yang lihat bisnis  sebagai suatu investasi yang sanggup membuahkan passive income. Namun, layaknya bisnis pada umumnya, anda harus mempersiapkan ‘modal’ supaya bisnis anda sanggup mengimbuhkan keuntungan maksimal, nih, yakni bersama menyebabkan kost senyaman mungkin.

Nggak harus menjadi dari nol atau membangun tempat tinggal dari tanah rata. Kamu bisa, lho, memulai bisnis kost-kostan di bandung bersama membeli tempat tinggal bekas dan merenovasinya, supaya menjadi kost di bandung yang nyaman dan estetik. Nah, tersedia sebagian tips membeli tempat tinggal bekas dan renovasi irit biaya yang sanggup anda ikuti, nih!

Tips Membeli Rumah Bekas untuk Bisnis Kost di bandung: Biar Nggak Ketipu!

Membeli rumah second memang harus jeli, sebab kami harus mengerti kualitas, kekurangan, dan berlebihan tempat tinggal tersebut. Berikut ini tersedia sebagian tips membeli tempat tinggal bekas dan apa saja yang harus anda memperhatikan ketika sudi membeli rumah. Simak hingga habis, ya!

  1. Tips membeli tempat tinggal bekas: Pastikan anggaran

Tips membeli tempat tinggal bekas untuk bisnis kost di bandung yang pertama adalah meyakinkan harga tempat tinggal tersebut. Apakah harga tempat tinggal yang ditawarkan cocok bersama anggaran atau budget yang udah anda tetapkan.

Selain itu, anda juga sanggup cek harga pasaran tempat tinggal di area itu dan pertimbangkan juga kondisi dan lokasi rumah. Kalau menjadi harga yang ditawarkan benar-benar tinggi, anda juga sanggup melakukan nego, lho.

Jangan ragu atau malu untuk melakukan negosiasi, sebab biasanya harga yang diberikan sebenarnya dipasang lebih tinggi dari harga hasilnya, supaya tersedia celah untuk tawar-menawar.

Eits, ternyata biaya membeli tempat tinggal nggak hanya harga rumahnya saja, lho. Ada biaya-biaya lainnya yang harus anda persiapkan juga. Misalnya biaya jasa notaris, biaya KPR, BPHTB, PPh, biaya balik nama, biaya AJB, biaya cek sertifikat, dan biaya PNBP, yang kecuali ditotal sanggup lumayan besar, nih.

  1. Tips membeli tempat tinggal bekas: Cek kondisi rumah

Tips membeli tempat tinggal bekas untuk bisnis kost yang paling penting adalah memeriksa kondisi rumah. Kalau anda melacak tempat tinggal secara online, biasakan membaca deskripsi dan spesifikasi tempat tinggal khususnya dahulu. Meski begitu, sebaiknya anda juga berkunjung ke tempat tinggal secara langsung, ya, untuk meyakinkan kondisi tempat tinggal sebenarnya.

Beberapa aspek yang harus anda memperhatikan pada sementara memeriksa kondisi tempat tinggal adalah mutu bangunan, layaknya anggota tembok dan pondasi, kelembaban dinding, suplai air bersih, anggota atap yang masih lengkap dan bagus, kusen yang bebas rayap, jendela dan ventilasi udara, saluran pembuangan, atau usia rumah.

Semakin lengkap dan baik kondisi suatu rumah, semakin mahal harga yang barangkali ditawarkan. Sementara itu, kecuali kondisinya tersedia yang kurang baik, anda sanggup menggunakannya sebagai senjata untuk melakukan negosiasi harga.

  1. Perhatikan lokasi rumah

Lokasi tempat tinggal juga sanggup menjadi tidak benar satu aspek penting dalam membeli tempat tinggal bekas, bahkan kecuali anda membelinya untuk dijadikan bisnis kost-kostan. Semakin strategis lokasi tempat tinggal tersebut, barangkali anda sanggup menyewakan kost di bandung bersama lebih gampang dan harganya pun sanggup lebih tinggi.

Kamu barangkali ingin pertimbangkan tempat tinggal yang berada di lokasi strategis, dekat bersama pusat keramaian layaknya kampus, area perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Selain itu, dapat lebih baik kecuali tempat tinggal memiliki akses gampang untuk terlihat masuk kendaraan dan gampang ditemukan.

  1. Tips membeli tempat tinggal bekas: Pastikan legalitas dan kelengkapan surat

Salah satu tips membeli tempat tinggal bekas yang anda nggak boleh lewatkan adalah meyakinkan legalitas dan kelengkapan surat-surat rumah. Mengecek legalitas tempat tinggal penting banget, nih, supaya anda sanggup percaya kecuali tempat tinggal yang dibeli nggak terlibat sengketa tanah atau persoalan hukum lainnya.

Kamu sanggup bertanya legalitas tempat tinggal secara langsung kepada penjaja atau perantara. Kalau sudi lebih yakin, sih, anda juga sanggup menyewa ahli hukum untuk memeriksanya. Pastikan tempat tinggal nggak terlibat dalam sengketa, persoalan penipuan, atau skandal hukum lainnya yang sanggup merepotkan anda di masa mendatang.

Terkait bersama legalitas hukum, anda harus bertanya berkenaan kelengkapan surat-surat juga, nih, sebab biasanya ini dijadikan sebagai syarat dalam jual membeli tempat tinggal bekas.

Beberapa surat yang diperlukan yaitu:

  • Akta Jual Beli (AJB).
  • Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Surat Kepemilikan Tanah (SHM, SHP, atau SHGB).
  • Bukti pembayaran tagihan listrik, telepon, atau PAM.

Surat kepemilikan tanah tersedia tiga jenis, lho, yakni SHM, SHP, dan SHGB. Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa pemilik memperoleh hak untuk mengelola, mendirikan, dan menjajakan lahan dan juga bangunan tersebut, dan berlaku selamanya.

Sementara itu, Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) hanya memiliki hak atas bangunan dan nggak juga lahan, dan juga berlaku dalam jangka sementara tertentu. Nah, kecuali Sertifikat Hak Pakai (SHP) adalah sertifikat yang diberikan kepada pihak lain untuk digunakan dalam kurun sementara yang ditentukan.

Kamu sanggup melakukan pengecekan surat-surat ini di kantor pertanahan bersama biaya kira-kira Rp25.000 hingga Rp100.000.

  1. Jangan buru-buru, cari sebagian opsi tempat tinggal bekas!

Harga sudah, kondisi tempat tinggal sudah, legalitas dan surat-surat juga sudah. Tips membeli tempat tinggal bekas yang terakhir adalah jangan buru-buru! Karena tempat tinggal harganya nggak tidak mahal dan dapat memakan sementara sistem yang lumayan panjang, anda harus benar-benar percaya sebelum akan membeli rumah.

Nah, untuk itu, anda sanggup melacak sebagian opsi tempat tinggal yang dapat dibeli, nih, sebagai perbandingan. Kamu sanggup mengerucutkan opsi-opsi ini bersama lihat berlebihan dan kekurangan dari masing-masing rumah, dan mana kira-kira yang paling cocok untuk dijadikan bisnis kost-kostan.

Kamu sanggup melakukan survei secara langsung, baca review di internet, meminta wejangan dan rekomendasi, atau bertanya kepada tetangga atau orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Pilih tempat tinggal yang memiliki lingkungan paling aman, tenang, dan kondusif. Pastikan juga lokasinya bebas banjir, ya!

By admin